Saturday 30 September 2017

Curug Moprok dan Curug Telu di Desa Karangsalam Baturraden

CURUG TELU
Pada edisi kali ini Jejak traveler mengadakan perjalanan lagi yang Ketiga. Sasaran kali ini adalah Curug Telu, Sendang Bidadari dan Curug Moprok yang terletak di Desa Karangsalam Baturraden Kabupaten Banyumas. Untuk kali ini memang mungkin agak terdengar asing atau mungki para traveler baru mendengar tentang nama Curug Telu, Sendang Bidadari dan Curug Moprok. mungkin karena kalah Boming atau tertutup oleh wisata yang ada di baturraden yaitu Lokawisata Batruraden atau pancuran telu dan pancuran pitu jadi nama Curug Telu, Sendang Bidadari dan Curug Moprok kurang boming. mungkin sekilas namanya sama dengan pancuran telu tetapi Curug Telu ini berbeda sebab kalo pancuran telu adalah sumber mata air panas sedangkan curug telu adalah air terjun dari tiga mata air yang berbeda.
SENDANG BIDADARI
Perjalanan kami mulai seperti biasa dari Basecamp di purwokerto menuju kearah Baturaden. Sebelum masuk kawasan mandala ada pertigaan kita ambil kanan dan ada pertigaan lagi kita ambil kanan kearah Desa Karangsalam Baturraden. kemudian ikuti saja jalan sampai ada petunjuk arah curug telu atau dekat dengan kandang ayam belok kanan.
Sampai parkiran kita tinggal pilih mau ke curug telu dan sendang bidadari atau ke curug moprok, kalau kecurug telu berarti tinggal kita turun dengan membayar tiket sebesar Rp. 3.000, - kita bisa masuk. Disana kita bisa mampir dulu disungai untuk mandi bagi yang sudah siap pakain ganti. Untuk ke sendang bidadari kita bisa ambil kiri disini kita disuguhi untuk masuk ke gua terlebih dahulu sebelum sampai ke sendang bidadarinya. disini yang hobi selfie sangat cocok sekali untuk ambil gambar.
setelah puas di sendang bidadari kami lanjutkan kembali perjalanan menuju ke curug telu, tapi ingat disini kita tidak boleh buang air kecil atau besar sebarangan bahkan itu dilarang sebab mata air ini digunakan untuk sumber PDAM jadi disini kita hanya bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang maha sempurna.
CURUG MOPROK
setelah puas kami menikmati pemandangan alam yang begitu sempurna sepakat kami melanjutkan perjalanan ke curug moprok. kali ini kita harus balik lagi keparkiran kemudian lanjut menyeberang sungai kecil dan kemudian menyusuri sawah penduduk dan sedikit kita menyusuri sungai untuk sampai ke tempat tujuan.
Sayang sekali ketika kami sampai di Curug Moprok keadaan debit air sangat kecil tetapi walaupun kecil masih kelihatan sangat indah pemandangannya. Disini kapi putuskan untuk mandi dan berenang ria sambil melepaskan lelah. Setelah puas mandi dan dan istirahat kami kembali keparkiran untuk melanjutkan ke target berikutnya yaitu Curug Gomblang.......Bersambung